Makalah tentang Media Pembelajaran

Media pembelajaran memang beragam, tetapi saat ini penulis akan memaparkan media grafis yang dimana media tersebut sangat banyak digunakan oleh guru dalam menjelaskan materi.

1.      Media Grafis
Media grafis termasuk media visual. Sebagaimana halnya media yang lain media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual.
Simbol-simbol tersebut perlu di pahami benar artinya agar proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien. Selain fungsi umum tersebut, secara khusus grafis berfungsi pula untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak digrafiskan. selain sederhana dan mudah pembuatannya media grafis termasuk media yang relatif murah ditinjau dari segi biayanya. Media grafis yang peneliti gunakan yaitu media gambar.
a.       Gambar/Foto
Di antara media pendidikan, gambar/foto adalah media yang paling umum dipakai. Dia merupakan bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana. Oleh karena itu, pepatah cina yang mengatakan bahwa sebuah gambar berbicara lebih banyak darpada seribu kata.
Beberapa kelebihan media gambar foto yang lain dijelaskan di bawah ini:
1)      Sifatnya konkret; Gambar/Foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata.
2)      Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda, objek atau peristiwa dapat dibawa ke kelas, dan tidak selalu bisa anak-anak dibawa ke objek/peristiwa tersebut. Gambar atau foto dapat mengatasi hal tersebut. Air terjun Niagara atau Danau Toba dapat disajikan ke kelas lewat gambar atau foto. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau, kemarin, atau bahkan semenit yang lalu kadang-kadang tak dapat kita lihat seperti apa adanya. Gambar atau foto amat bermanfaat dalam hal ini.
3)      Media gambar/foto dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Sel atau penampang daun yang tak mungkin kita lihat dengan mata telanjang dapat disajikan dengan jelas dalam bentuk gambar atau foto.
4)      Foto dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman.
5)      Foto harganya murah dan gampang didapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan khusus.
              Selain kelebihan-kelebihan tersebut, gambar/foto mempunyai beberapa kelemahan yaitu:
1)      Gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata.
2)      Gambar/foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
3)      Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
Bagaimana gambar/foto yang baik sebagai media pendidikan? Tentu saja adalah gambar/foto yang cocok dengan tujuan pembelajaran. Menurut ada Sadiman, Arief S. Dkk, (2008) ada enam syarat yang perlu dipenuhi oleh gambar/foto yangbaik sehingga dapat dijadikan sebagai media pendidikan.
1)      Autentik
Gambar tersebut harus secara jujur melukiskan situasi seperti kalau orang melihat benda sebenarnya.
2)      Sederhana
Komposisi gambar hendaknya cukup jelas menunjukkan poin-poin pokok dalam gambar.
3)      Ukuran relatif. Gambar/foto dapat membesarkan atau memperkecil objek/benda sebenarnya. Apabila gambar/foto tersebut tentang benda/objek yang belum dikenal atau pernah dilihat anak maka sulitlah membayangkan berapa besar benda atau objek tersebut. untuk menghindari itu hendaknya dalam foto tersebut terdapat sesuatu yang telah dikenal anak-anak sehingga dapt membantunya membayangkan gambar.
4)      Gambar/foto sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan. Gambar yang baik tidaklah menunjukkan objek dalam keadaan diam tetapi memperlihatkan aktivitas tertentu.
5)      Gambar yang bagus belum tentu baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Walaupun dari segi mutu kurang, gambar/foto karya siswa sendiri sering kali lebih baik.
6)      Tidak setiap gambar yang bagus merupakan media yang bagus. Sebagai media yang baik, gambar hendaklah bagus dari sudut seni dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Proses pelaksanaan belajar dengan media gambar pada materi IPS tentang peranan tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia yaitu :
1.      Guru mempersiapkan gambar tokoh yang berperan dalam persiapan kemerdekaan Indonesia.
2.      Guru memperlihatkan gambar tokoh pada siswa.
3.      Guru menerangkan pelajaran dengan menggunakan gambar
4.      Guru mengarahkan perhatian siswa pada sebuah gambar sambil mengajukan pertanyaan pada siswa satu per satu.

0 Response to "Makalah tentang Media Pembelajaran "

Post a Comment

pblogeducation. Powered by Blogger.